PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN MENJADI USULAN FAVORIT DALAM MUSREMBANG DESA/ KELURAHAN DI KECAMATAN ARSE.

Foto untuk : PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN MENJADI USULAN FAVORIT DALAM MUSREMBANG DESA/ KELURAHAN DI KECAMATAN ARSE.

          Pengembangan perpustakaan adalah hal yang sangat urgen untuk dunia pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan informal. Karena tujuan dari perpustakaan salah satunya memberikan kontribusi untuk menciptakan masyarakat pembangun yang cerdas dan terampil. Melihat hal tersebut, kelihatannya masyarakat desa/ kelurahan yang ada di Kecamatan Arse, sangat mengerti akan perlunya pembangunan perpustakaan di tingkat desa maupun kelurahan demi terciptanya masyarakat yang cerdas dan handal. Keinginan itu terlihat, lewat musrembang desa/ kelurahan yang telah diselenggarakan pemerintah Kecamatan Arse Kabupaten Tapanuli Selatan, dimana setiap desa maupun kelurahan se Kecamatan Arse telah memasukkan anggaran pengembangan perpustakaan desa dan kelurahan pada tahun anggaran 2018.

          Adapun anggaran perpustakaan desa/ kelurahan tersebut yang nantinya akan dituang dalam APBDesa, meliputi biaya pelatihan petugas perpustakaan desa/ kelurahan, pembelian ATK dan biaya cetak, pengadaan mobile perpustakaan, serta pengadaan buku seharga Rp. 15.000.000,00. Sedangkan untuk honor atau intensif  bagi Tenaga Ahli akan dianggarkan pula dalam APBDesa sebesar Rp. 500.000,00 tiap bulannya.

         Pada kesempatan lain saat hal ini dikonfirmasi kepada Plt. Kepala Seksi Kemasyarakatan dan Perpustakaan Kecamatan Arse, sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan seluruh desa/ kelurahan yang ada dikecamatan arse, sehingga nantinya diharapkan dengan adanya perpustakaan di tiap desa/ kelurahan masyarakat kecamatan Arse dapat menciptakan generasi-generasi penerus yang cerdas dan pembangun yang handal.

                Dijelaskan juga bahwa program pengembangan perpustakaan yang diprogramkan pemerintah desa/ kelurahan se Kecamatan Arse tidak lepas dari pengawalan yang dilakukan Plt. Kasi Kemasyarakatan dan Perpustakaan Kecamatan Arse beserta Petugas Perpustakaan Umum Kecamatan Arse dalam mengawal Program Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tapanuli Selatan.

                    Disamping itu, selain memasukkan program pengembangan perpustakaan desa/ kelurahan, dalam musrenbang desa/kelurahan melalui dana desa  yang telah diselenggarakan Pemerintah desa/kelurahan se Kecamatan Arse, juga terdapat usulan pembangunan perpustakaan desa/kelurahan di tiap desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Arse. Dimana dari 7 desa dan 2 kelurahan yang telah selesai melaksanakan musrenbang tingkat desa/kelurahan, ditemukan ada 5 usulan pembangunan perpustakaan untuk menjadi Prioritas pada APBD Kabupaten Tapanuli Selatan di Tahun Anggaran 2019. Sedangkan untuk 4 perpustakaan belum bisa diprioritaskan sebab pembebasan lahan yang belum didapatkan.